Aqiqah Malang Lezat

Aqiqah Malang Lezat

Tahukah Anda manfaat dari pelaksanaan aqiqah? berikut adalah manfaat- manfaat pelaksanaan Aqiqah Malang Lezat.

Aqiqah Malang Lezat

Aqiqah yaitu menyembelih hewan serta mencukur rambut bayi. Ibadah untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan rasa syukur atas karunia bayi yang telah dianugerahkan Allah SWT. Dan menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam dengan bertambahnya keturunan Muslim, juga untuk memperkuat tali persaudaraan di antara masyarakat Muslim.

 ManfaatManfaat Aqiqah
Manfaat Bagi Orang Tua:

– Menyebarkan sunah Rasulullah SAW

Rasulullah SAW telah mencontohkan aqiqah, maka dari itu jika Kita melaksanakannya berarti Kita menyebarkan sunah Rasulullah SAW. Seperti hadist berikut:
مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا
“Barangsiapa yang menyebarkan sunnah-sunnahku, lalu diamalkan oleh ummat, maka sungguh ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengerjakannnya, tanpa mengurangi pahala mereka yang mengamalkannya”. (HR. Ibnu Majah no.209).

– Menyampaikan berita gembira terhadap sanak saudara dan tetangga atas kelahiran anak.

Seperti yang terdapat dalam firman Allah SWT:
يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَىٰ لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا
“Duhai Zakaria, sungguh Kami memberi berita gembira untukmu yaitu kelahiran seorang anak yang bernama Yahya”. (QS. Maryam [19]:7)

قَالُوا لَا تَوْجَلْ إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ عَلِيمٍ
“Para malaikat berkata: Janganlah kamu takut, sungguh kami memberi kabar gembira padamu dengan kelahiran anak laki-laki yang kelak menjadi orang yang alim”. (QS. Al-Hijr [15]:53).

– Beribadah dan mengingatkan agar selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Seperti yang terdapat dalam firman Allah SWT:
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
“Maka ingatlah kepada-Ku, maka Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku” (QS. Al-Baqarah [2]:152).

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, sungguh jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah lebih nikmat untukmu, tetapi jika kamu tidak bersyukur, maka pasti datang adzab-Ku yang sangat berat”. (QS. Ibrahim [14]: 7).

Manfaat Bagi Anak:

– Terlepas dari status “tergadai”, misalnya jika anak tersebut meninggal sebelum baligh dan sudah diaqiqahi maka orang tuanya akan mendapatkan syafaat anaknya di hari kiamat kelak.

– Didoakan sesama muslim, berharap agar kelak bayinya menjadi orang yang sholeh atau sholehah dan berbakti kepada agama dan orang tua.

– Menghilangkan kotoran bayi seperti mencukur rambutnya dan membuang penyakit agar berkembang sehat. dan seperti hadist berikut:
مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى
“Anak baru lahir ada aqiqahnya, sembelihlah untuknya (domba dan kambing) dan buang kotoran darinya”. (HR. Bukhari no. 5471).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *